Jumat, 29 Agustus 2008

Pedal Ikut Berpatisipasi Dalam HUT Ke III Bike 2 Work 2008

Berita Pers Bike To Work

Gelar Hari Pekerja Bersepeda 2008

Jakarta, 27 Agustus 2008. Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-3, Komunitas Pekerja Bersepeda Indonesia (Bike to Work Indonesia) mengajak masyarakat luas di seluruh wilayah Indonesia untuk menggunakan sepedanya menuju tempat aktivitas yang akan dilaksanakan pada hari Jumat, 29 Agustus 2008 pagi. Dalam acara bertema "Let's Act Beyond Green" tersebut, sekitar 10.000 ribu anggota komunitas Bike to Work dan komunitas sepeda lainnya diseluruh Indonesia akan bersepeda di wilayah masing-masing menuju tempat kerja dalam rangka memeriahkan acara Bike to Work Day 2008.

"Disaat kondisi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) melambung, kemacetan dimana-mana dan tingkat polusi udar
a kota Jakarta yang tinggi (dengan predikat kota terpolusi no. 3 di dunia), sesungguhnya kendaraan sepeda sudah selayaknya mulai diberdayakan kembali sebagai sebuah solusi alternatif dan menjadikan sepeda sebagai moda transportasi sehat yang murah, hemat, mengurangi polusi, mengurangi kemacetan serta menghemat BBM. Selain itu, dengan ber-‘bike to work’ masyarakat akan membangun dirinya sendiri menjadi manusia Indonesia yang berkualitas secara fisik dan psikis," ujar Toto Sugito, Ketua Umum B2W Indonesia.

Bike to Work Day 2008 ini juga akan dilakukan serentak di 28 wilayah di seluruh Indonesia dan melibatkan para pejabat pemerintah setempat. Tercatat Gubernur Jawa Barat, Walikota Bandung, Walikota Bengkulu, Walikota Bogor, Walikota Surabaya, beserta seluruh jajaran staf pemerintahan daerah yang mereka pimpin telah mengkonfirmasikan partisipasi bersepeda bersama menuju tempat kerja sambil mengkampanyekan gerakan penggunaan sepeda dalam melakukan aktivitas sehari-hari.


Komunitas Bike to Work Day dideklarasi pada tanggal 27 Agustus 2005 di balai Kota DKI Jakarta yang disaksikan oleh Wakil Gubernur DKI Fauzi Bowo. Saat itu Komunitas B2W Indonesia yang baru memiliki anggota sejumlah 600 orang menghadiri deklarasi dan menjadikan tanggal tersebut sebagai hari jadi Pekerja Bersepeda Nasional. Kini komunitas B2W Indonesia tercatat telah memiliki lebih dari 10.000 orang anggota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Suatu tanda besarnya dukungan masyarakat dan keinginan masyarakat Indonesia untuk menjadikan negara ini menjadi negara yang bebas polusi dan sehat.

Sekilas tentang komunitas Bike to Work

Berawal dari sekelompok masyarakat penggemar sepeda dari Komunitas Sepeda Gunung Jalur Pipa Gas BSD Tangerang yang memiliki semangat, gagasan dan harapan akan terwujudnya udara bersih di perkotaan khususnya Jakarta, ma
ka lahirlah KOMUNITAS PEKERJA BERSEPEDA (Bike-To-Work Community). Kampanye Pertama terselenggara pada tanggal 6 Agustus 2004. Terbentuk Susunan Pengurus B2W-Indonesia pertama, dan mendapat dukungan dari Wakil Gubernur DKI-Jakarta pada tanggal 27 Januari 2006. Deklarasi & Pernyataan Bersama pada tanggal 27 Agustus 2005 bertempat di Balai Kota DKI Jakarta, bahwa Bike-To-Work Community bertekad untuk mengkampanyekan penggunaan sepeda sebagai alternatif moda transportasi, terutama ke tempat kerja dan ditetapkannya sebagai tanggal kelahiran B2W-Indonesia. Dengan visi terciptanya lingkungan hidup yang sehat dengan bersepeda serta terciptanya jalur prioritas sepeda, misi Komunitas ini adalah memasyarakatkan sepeda sebagai moda transportasi alternatif dalam mendukung aktivitas sehari-hari.


Bike to Work Indonesia mendapatkan beberapa prestasi yaitu diantaranya Penghargaan Clean Air Award dari S
wiss Contact atas perjuangannya menciptakan udara bersih, dipatenkannya logo B2W Indonesia, anggota yang telah mencapai lebih dari 10.000 orang hanya dalam kurun 3 tahun, terbentuknya B2W Wilayah BANDA ACEH, Bandar lampung, Balikpapan, Bandung, Bengkulu, Bogor, Cirebon, Bali,Madiun, Makassar, Mataram, Mojokerto, Pangkalpinang, Pekanbaru, Samarinda, Sangatta-Kalimantan Timur, Semarang, Surabaya, Tuban, Yogyakarta, Ambon, Palembang, Jambi, Mamuju, Tasikmalaya, Purwokerto, Kudus, dan Polewali.


Di Banda Aceh kegiatannya dipusatkan di Taman Sari pada hari Jum'at tanggal 29 Agustus 2008 pukul 07.00, setelah mendapat briefing singkat dari ketua panitia puluhan anggota komunitas pe-sepeda melakukan keliling kota, di Simpang Lima peserta membagi-bagikan buklet tentang pentingnya bersepeda dan kampanye menjaga lingkungan agar bumi bebas dari global warming.


Salam Pedal-ers’

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Damu pa kmu to?.. Nano ni klase blog man?